TUGAS MAHASISWA BARU 2010

Universitas Gunadarma memiliki banyak fasilitas layanan online. Contohnya adalah BAAK Online, StudentSiteUG Open Course Ware, Virtual Class, UG Wartawarga, UG Community, UG Pedia dll. Pada posting kali ini kita akan mengulas tentang website tersebut. Ulasannya adalah sebagai berikut:

1. BAAK Online

BAAK Universitas Gunadarma adalah biro yang menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di Universitas Gunadarma dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma. Bagian yang terdapat di BAAK antara lain :

  1. BAAK Fakultas (Ilmu Komputer, Ekonomi, Teknik Sipil & Perencanaan, Teknologi Industri, Psikologi, dan Sastra);
  2. Bagian Ujian Semester dan Bank Soal;
  3. Bagian Koordinasi Perkuliahan
    • Sub Bagian Jadwal Kuliah;
    • Sub Bagian Koordinasi Mata Kuliah dan Penasihat Akademik;
    • Sub Bagian Penghubung dan Pendamping Dosen.
  4. Bagian Monitoring Kuliah.
    • Sub Bagian Monitoring Kehadiran Dosen;
    • Sub Bagian Monitoring Kehadiran Mahasiswa.

2. StudentSite

Situs mahasiswa (studentsite) disediakan untuk memperoleh informasi dari dosen maupun program studi yang dapat secara langsung diketahui melalui situs mahasiswa tersebut. Situs ini dapat digunakan untuk mendukung proses belajar-mengajar yaitu melalui
(a) informasi jadwal kuliah dan ujian, (b) informasi atau tugas dari dosen, dan (3) Daftar Nilai Sementara (DNS). Selain itu, USER ID dan password pada studentsite ini dapat digunakan untuk mengakses layanan ICT lainnya yaitu UG-Hotzone, Internet Lounge, Integrated Lab, Career Center, dan E-Learning Center. Fitur lainnya adalah fasilitas email, forum atau group discussion, pendaftaran sidang akhir, dan pemesanan surat keterangan.

Kelebihan dari website ini adalah:

  • Mahasiswa dapat mengupdate berita maupun pengumuan terbaru mengenai kemahasiswaan seperti: jadwal kuliah, jadwal ujian, nilai ujian dan sebagainya
  • Mahasiswa dapat mengirim dan menerima tugas tanpa harus melalui website messenger dari luar
  • Mahasiswa dapat mengupdate berita terbaru dari BAAK online
  • Mahasiswa dapat berkomunikasi antar mahasiswa maupun dengan dosen melalui fasilitas messenger yang ada

Kekurangan dari studentsite adalah:

  • Seringnya Studentsite tidak dapat diakses karena error
  • Akses lambat ketika log in
  • Kadang terdapat lecture message yang salah kirim

3. UG Open Course Ware

  • Tujuan UG OCW adalah:
  • Menyediakan gratis, dicari, akses ke materi kursus untuk pendidik, siswa, dan peserta didik diri di seluruh dunia.
  • Membuat bahan-bahan kursus yang tersedia melalui lisensi isi terbuka.
  • Mengkatalisis pertumbuhan komunitas pelajar.
  • Memperluas jangkauan dan dampak dari konsep “OpenCourseWare”.

UG OpenCourseWare tidak akan mungkin tanpa:

  • Dermawan berbagi COSL http://ocw.usu.edu
  • Dermawan dukungan dari MIT OpenCourseWare termasuk dokumentasi proses mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap keberhasilan eduCommons berbagi

4. Virtual Class

V- CLASS merupakan singkatan dari virtual class. dalam arti bahasannya, virtual class adalah kelas virtual atau kelas maya dan menurut istilah, virtual class adalah sebuah lingkungan belajar yang ada hanya dalam bentuk konten digital yang disimpan, diakses, dan dipertukarkan melalui jaringan komputer dan sistem informasi. Sehingga dapat di akses di mana saja dan kapan saja. Kurang lebih seperti itu lah pengertiannya.

Sekarang saya akan membahas tenteng V-class yang ada di universitas gunadarma. Seperti dalam pengertian di atas, v-class yang terdapat di universitas gunadarma ini tidak terlalu jauh perbedaan pengertiannya kurang lebih v-class ini seperti kursus virtual. Akan tetapi, v-class yang terdapat di universitas gunadarma ini, hanya bisa di akses oleh mahasiswa gunadarma dan staff atau dosen yang mengajar. Sehingga tidak semua orang dapat mengakses v-class gunadarma.

Bagi mahasiswa yang ingin mengakses v-class ini, carannya adalah dengan mendaftarkan atau membuat studensite terlebih dahulu. Setelah itu, baru cari web v-class universitas gunadarma atau klik link ini http://v-class.gunadarma.ac.id/login/index.php. Setelah itu, masukan nama/npm anda serta password studentsite anda. Setelah masuk, di halaman tersebut terdapat tampilan kategori kursus, aktivitas dan msh bannyak lagi (dapat di lihat di halaman web).

Kategori kursus ialah, mata kuliah yang akan anda pilih nantinya yang akan anda ikuti dalam v-class ini dan tidak semua mata kuliah di universitas gunadarma ini menggunakan v-class. Tetapi tergantung pada dosen yang mengajar. Setelah kita memilih kursus , maka kita akan mengikuti kursus ini secara virtual melalui internet. Dan setelah selesai mengikuti kursus ini, mahasiswa akan menerima quiz atau tugas yang wajib di kerjakan dan di kirimkan melalui internet. Didalam v-class ini juga terdapat forum yang beguna untuk tannya jawab antara mahasiswa dengan mahasiswa atau dengan dosen pengajar mata kuliah. Sehingga akan ketahuan mana mahasiswa yang benar-benar mengikuti program v-class tersebut. Manfaat v-class ini adalah agar mahasiswa gunadarma terbiasa berhubungan dengan internet sehingga dapat blajar di mana saja dan kapan saja.

5. UG Wartawarga

Warta warga merupakan situs untuk wadah bagi segenap civitas akademika UG untuk menyalurkan kemampuan menulis dalam menunjang program softskill.

6. UG Pedia

UGPEDIA merupakan suatu wadah sumbangsih bagi civitas akademika khususnya dan bagi masyarakat umumnya, disini anda dapat mencari dan memberi arah informasi yang berkaitan dengan Universitas Gunadarma, mulai dari pendaftaran, perkuliahan, alumni, prosedur-prosedur, fasilitas serta hal-hal yang berhubungan dengan istilah yang sering ditemui di lingkup pendidikan universitas.
Beberapa keunikan yang dapat anda gunakan pada UGPEDIA adalah:
  1. InstantResponse , merupakan fasilitas pencarian seketika dengan model smart search artinya kami akan mulai mencari begitu anda mengetikkan keyword pada fasilitas InstantResponse.
  2. Kemudahan mencari informasi, UG memiliki sekitar 70-an subdomain, kami menyadari bahwa dengan banyaknya subdomain tersebut sulit bagi anda untuk mencari informasi pada subdomain yang kami miliki. Disini anda mendapatkan kemudahan dari kami menunjukkan arah yang tepat bagi informasi yang anda inginkan.
  3. Sehubungan dengan term wikipedia” yang sering digunakan oleh masyarakat internet, maka disini pun anda dapat berkontribusi untuk menyumbangkan informasi-informasi yang berkaitan dengan Universitas Gunadarma, diharapkan dengan sumbangsih informasi tersebut dapat membantu adik, teman maupun pihak lain yang membutuhkannya

7. PORTOFOLIO

Portofolio Mahasiswa yang dimiliki oleh setiap mahasiswa Universitas Gunadarma bersifat elektronik dan dapat diakses oleh umum (open content). Format alamat portofolio tersebut adalah sebagai berikut: http://npm.student.gunadarma.ac.id
[Catatan: npm diganti dengan nomor NPM masing-masing mahasiswa]

Portofolio Mahasiswa tersebut terdiri dari informasi-informasi UTAMA sebagai berikut:

  1. Home, yang menampilkan foto diri dan kutipan berita dari Universitas Gunadarma
  2. Akademik, yang merupakan daftar mata kuliah yang sudah diambil oleh mahasiswa yang secara otomatis terisi dari Sistem Informasi Akademik Terpadu
  3. Seminar, yang informasinya diperoleh dari http://seminar.gunadarma.ac.id . Portofolio mahasiswa secara otomatis ini terisi jika mahasiswa yang bersangkutan mengikuti acara seminar di Universitas Gunadarma yang sistem pendaftaran seminarnya melalui situs tersebut. Jika mahasiswa mengikuti seminar di luar Universitas Gunadarma harap melapor ke Dosen Pengampu dengan menyertakan bukti-bukti keikutsertaannya.
  4. Kursus/Workshop, yang diselenggarakan di Lembaga Pengembangan Universitas Gunadarma. Informasi tentang kursus/workshop ini juga akan terisi otomatis jika mahasiswa yang bersangkutan mengikuti kursus/workshop di Lembaga Pengembangan.
  5. Tulisan, merupakan tulisan ATAS INISIATIF MAHASISWA yang sumber tulisannya ada dua yaitu (a) Tulisan di UG student Journalism atau UG Wartawarga yang dapat dilihat di http://wartawarga.gunadarma.ac.id dan (b) tulisan di blog yang dimiliki oleh mahasiswa yang bersangkutan. Setiap mahasiswa UGotomatis dapat menulis di Wartawarga setelah login ke studentsite dan memilih fitur layanan “wartawarga” di studentsite. Sebuah tulisan mahasiswa di blog juga dapat disubmit melalui studentsite yaitu pada fitur layanan “Tulisan” dengan memasukkan “judul” tulisannya serta alamat URL-nya secara lengkap. PERHATIAN: MOHON SETIAP MAHASISWA MELIHAT BERBAGAI FITUR LAYANAN DI STUDENTSITE DAN DIHARAPKAN SELALU MENGAKSES STUDENTSITE SECARA PERIDIOK
  6. Tugas, merupakan tulisan mahasiswa yang berdasarkan PENUGASAN DARI DOSEN PENGAMPU sesuai dengan Materi Mata Kuliahnya yang mengacu ke SAP dari Mata Kuliah Tersebut. Tugas tersebut ditulis di blog pribadi yang wajib dimiliki oleh mahasiswa UG. Blog tersebut boleh dengan domain .web.id, .info, wordpress, blogspot, blogsome, multiply, ngeblogs.com, dll. Tulisan diblog tersebut dapat disubmit melalui studentsite pada fitur “Tugas” dengan memasukaan “judul” tulisan dan alamat URL tulisan tersebut pada blog mahasiswa.
  7. Kreatifitas, yaitu prestasi atau keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan kreatifitas dan inovasi- baik di dalam maupun di luar Universitas Gunadarma. Contoh kegiatan kreatifitas yang dibiayai oleh pemerintah adalah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang terdiri dari 4 bidang (Penelitian, Pengabdian Masyarakat, Wirausaha, dan Penerapan Teknologi) dan PKM-Tulisan Ilmiah (PKMI) dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT). Contoh kegiatan kreatifitas di dalam UGadalah berbagai perlombaan internal di UG misalnya UG ICT AWARD, lomba blog bulanan, KOMPRESS, dll. Prestasi di luar kampuspun dapat diperhitugkan dengan catatan melaporkan ke dosen pengampu atau ke bagian kemahasiswaan. Pengisian informasi kreatifitas ini akan dilakukan oleh panitia khusus yang ditunjuk sesuai dengan sumber data kegiatan kreatfitas yang dikoordinir oleh bagian kemahasiswaan.
  8. Kemahasiswaan, adalah informasi yang bersumber dari bagian kemahasiswaan mengenai keterlibatan mahasiswa yang bersangkutan dalam organisasi atau kegiatan kemahasiswaan yang menjadi kewenangan bagian kemahasiswaan Universitas Gunadarma. Pengisiaan informasinya dilakukan oleh satuan kerja khusus yang ditunjuk, dalam hal ini bukan diisi oleh mahasiswa yang bersangkutan.

8. UG Learning Center

UG Learning Center merupakan portal pembelajaran terpusat dari beberapa layanan yang telah digunakan di Universitas Gunadarma. UG learning Center juga memiliki tugas seperti :

  1. Koordinasi pengembangan materi e-learning dengan unit terkait.
  2. Pemeliharaan dan monitoring portal e-learning (termasuk staffsite dan studentsite).
  3. Pengembanfan contern management dan SOP implementasi e-learning.
  4. Diseminasi/pelatihan e-learning ke dosen dan mahasiswa.
  5. Monitoring pemanfaatan e-learning oleh dosen dan mahasiswa.

9. E-LEARNING

E-Learning merupakan fasilitas pembelajaran elektronik yang digunakan untuk membantu mahasiswa memahami materi ajar. Menyediakan materi pembelajaran yang dilengkapi dengan audio visual yang dapat memberikan gambaran suatu konsep lebih jelas. Materi e-learning terdiri dari CD interaktif dan virtual class serta electronic journal.

10. SAP

Satuan Acara Perkuliahan (SAP) ialah yang berisi pembagian materi suatu matakuliah tiap kali kuliah (setiap pertemuan). SAP berisi rincian materi kuliah setiap pertemuan kuliah dan berikut tujuan belajarnya serta buku-buku acuan untuk belajar. Yang dimaksud tujuan belajar ialah apa yang minimal dikuasai mahasiswa setelah mendapat materi perkuliahan. Setiap mata kuliah memiliki Satuan Acara Pengajaran (SAP) yang merupakan penjabaran secara rinci rencana perkuliahan. SAP tersebut harus memuat unsur-unsur sebagai berikut :

  • Kode, nomor, dan nama mata kuliah.
  • Kedudukan mata kuliah (Mata Kuliah Umum (MKU), Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK) dan Mata Kuliah Keahlian (MKK))
  • Semester dan tahun mata kuliah tersebut diajarkan.
  • Bobot kredit.
  • Tujuan mata kuliah.
  • Mata Kuliah prasyarat (bilamana perlu).
  • Nama pengajar.
  • Waktu dan tempat kuliah
  • Rincian acara perkuliahan dan bahan bacaan wajib dan anjuran.
  • Cara mengevaluasi proses belajar-mengajar.

Referensi:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s