Apasih “Hello World!” pada java?

Bagi kalian yang ingin belajar membuat program, kalian harus tahu dulu bahasa pemrogramannya. Karena membuat program harus menggunakan bahasa pemrograman. Ada banyak bahasa pemrogaman, contohnya ada FORTRAN, BASIC, Pascal, C dan JAVA. Bahasa pemrograman yang sedang populer sekarang ini adalah JAVA.

JAVA adalah bahasa pemrograman berorientasi objek dan case sensitive (huruf kapital berpengaruh pada syntax). Java digunakan karena syntaxnya sederhana, berorientasi objek (OOP), reabilitas tinggi, multi tread, dan mulrti platform (bisa dipakai di OS apa aja).

Macam-macam JAVA :

  • J2 SE (Standard Edition)
  • J2 EE (Enterprise Edition)
  • J2 ME (Mobile Edition)

Fitur pada JAVA :

  • JVM (JAVA Virtual Machine)
  • Garbage Collection

Nah kalo kita mau mulai “berkenalan” sama si bang JAVA ini, kita harus download dulu aplikasinya disini. Setelah didownload dan di install, kita mulai bikin program sederhana yuk!

Are you ready to begin?

Buka text editor atau NotePad, tarus ketik kayak gini :

Logika dari listing program di atas :

  • class belajar >maksudnya adalah kita membuat sebuah class yang bernama belajar. Di beri nama agar dapat di acces pada saat program di jalankan (run).
  • { > tanda kurung kurawal mendeklarasikan bahwa kita akan membuka atau memulai class yag sudah di beri nama tadi.
  • public static void main(String[] args) > maksudnya class nya bersifat public (dapat di akses oleh program mana saja). Dan class ini merupakan class utama pada program ini. Pada program lanjutan biasanya terdapat banyak class, maka dari itu setiap program harus memiliki kelas utama yang juga menjadi nama dari file java tersebut.
  • System.out.println(“Hello World!”); > maksudnya program akan mencetak tulisan Hello World pada output. Untuk mencetak suatu tulisan maka di deklarasikan dengan : System.out.println(“(tulisan yang di inginkan)“).
  • } > kurung kurawal tutup menyataka bahwa class sudah selesai atau menutup class jika ingin membuat class baru.

kalo udah, di save dengan nama classnya : belajar dengan nama ekstensi .java. Jangan lupa di ganti tipe filenya saat mensave menjadi All Files . Nanti nama filenya jadi : belajar.java dan tipe filenya menjadi : java file

selanjutnya adalah mengcompile . Mengcompile adalah perintah mentranslate dari bahasa program ke bahasa mesin yang di mengerti oleh komputer (karena komputer adalah mesin). Pada java kode untuk mengcompile dengan adalah javac. Cara mengcompile file java adalah sbb:

  1. Buka cmd, lalu buka direktori tempat file javanya di save
  2. Ketik : javac(spasi)nama file java dengan ekstensi nama filenya. Pada program kali ini jadinya seperti ini : javac belajar.java
  3. Tekan enter. Jika setelah di enter terlihat seperti gambar di bawah ini maka program berhasil di compile.
  4. Setelah di compile dan berhasil, maka program dapat di jalankan dengan cara ketik : java(spasi)nama file tanpa nama esktensi file. Pada program ini jadi : java belajar. Kemudian tekan enter, maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Coba deh tulisan “Hello World!” di ganti pake nama kalian. apa yang akan terjadi ya? SELAMAT MENCOBA😀

Sampai bertemu pada posting selanjutnya😀

NB: kalo kalian ingin lebih jago dan ahli lagi, beli buku tutorial java yang banyak dan bermacam-macam yang ada di toko buku. Belajar via online memang seru, tapi banyak hal yang lebih lengkap dan komplit yang ada di buku🙂 trust me!😉

AUTHOR : NURUL AINI

NPM : 55410197

KELAS : 1IA10

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s