4 Point Penybab Sifat Egois Pada Seseorang

egois

Pada dasarnya setiap orang memiliki sifat egois, karena sifat tersebut merupakan sifat alamiah seseorang untuk memenuhi kebutuhan probadinya. Secara alamiah sifat egois mulai tibul ketika manusia berusia 2 tahun karena pada usia tersebut manusia mempunyai karakter egosentris. Manusia melihat segala sesuatu dari sudut pandangnya dan belum mampu melihat dari kaca mata orang lain. Beberapa penyebab egois pada seseorang adalah sebagai berikut :

1. Perhatian yang berlebihan (pada masa kecil)

Perhatian yang berlebihan yang diberikan oleh orang tua semasa kecil menjadi salah satu faktor pemicu sifat egois pada seseorang. Perhatian yang berlebihan membuat orang tua memanjakan anak dengan cara memenuhi segala keinginannya. Sehingga anak terbiasa untuk mendapatkan apapun tanpa usaha dan perjuangan terlebih dulu. Anak juga tidak terbiasa mengembangkan rasa toleransi dan sabar kepada orang lain. Biasanya hal ini terjadi pada anak pertama dan anak terakhir atau pun anak tunggal.

2. Perlindungan yang berlebihan (pada masa kecil)

Dalam menunjukkan rasa sayang kepada anak, seringkali orang tua memberi perlindungan yang berlebihan dari berbagai macam kegagalan dan kesalahan. Rasa kehawatiran yang mendalam juga membuat orang tua menghindarkan anak dari pekerjaan-pekerjaan yang sebenarnya bisa dilakukan anak seusianya.

3. Anak yang memiiki kebutuhan khusus

Anak yang memiliki kebutuhan-kebutuhan khusus, sering kali mendapatkan perhatian khusus. Jika tidak hati-hati anak seperti ini bisa tumbuh menjadi pribadi yang egois, karena dia menganggap semua harus dipusatkan pada dia.

4. Kurangnya perhatian

Selain perhatian yang berlebihan, kurangnya perhatian juga bisa menjadi pemicu tumbuhnya sifat egois. Keadaan seperti ini dapat terjadi pada anak ke dua ataupun anak ke tiga (anak tengah, seseorang yang memiliki kakak dan adik), karena biasanya pada orang tua yang tidak dapat membagi perhatiannya secara merata kepada semua anaknya dapat menyebabkan anak yang kurang perhatian tersebut merasa di`anak tiri`kan. Perasaan ini lah yang membuat anak tersebut harus dapat memenuhi kebutuhannya bagaimanapun caranya tanpa memedulikan perasaan orang lain.

Sebenarnya penyebab utama sifat egois seseorang ada pada kesalahan pola asuh orang tua dan keadaan lingkungan. Karena pada hakikatnya semua manusia memiliki sifat individualis dan sifat sosial dimana jika orang tersebut sifat individualisnya yang lebih menonjol akan mudah terlihat sikap egoisnya di lingkungan tempat bersosialisasinya.

sumber : berbagai sumber internet, dan analisa pribadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s