One of Many Case on Social Network

Contoh kasus :

Rasisme Merebak di Facebook

 Fino Yurio Kristo – detikinet

Jakarta – Berbagai gruponline dibentuk di Facebook untuk beragam tu

Dikutip detikINET dari SABC News, Sabtu (11/10/2008), sebanyak 13 mahasiswa dari  North West University, Afsel, telah diidentifikasi terlibat dalam pembentukan grup rasis tersebut. Saat ini, investigasi terus dikembangkan otoritas setempat.juan. Namun di Afrika Selatan, sekelompok mahasiswa malah memanfaatkan grup Facebook untuk mempromosikan hal yang tidak patut, yakni rasisme untuk menghina kelompok lain.

Grup online rasis itu telah mempunyai sebanyak 48 anggota di internet. Bermacam komentar bernada rasis sebagai bentuk penghinaan kepada kaum lain bertebaran dalam grup di Facebook tersebut.
Untuk diketahui, Afsel punya sejarah rasis yang panjang di masa lalu dalam rezim Apartheid yang mengungkung kebebasan orang kulit hitam.

Keberadaan kelompok rasis ini membuat shock lembaga kemanusiaan negeri itu,  South African Human Rights Commission (SAHRC) karena melibatkan sejumlah mahasiswa. Adapun pihak universitas menjanjikan bakal memberi sanksi bagi mereka yang terlibat.

Komentar:

Kasus tersebut memang baru terjadi di Afrika Selatan, namun bisa saja terjadi di daerah lain yang memiliki historis buruk tentang rasis. Sebenarnya grouponline yang banyak beredar sekarang ini dimaksudkan agar pengguna social networking bisa berbagi informasi. Namun Forum ini disalahgunakan oleh sejumlah kelompok untuk menghina kelompok lain. Penggunaan social network sendiri tergantung pada niat sang pemakai, apakah dia memang ingin berbagi informasi atau hanya ingin sekedar `eksis`. Maka dari itu kita harus tahu dan memahami etika ber-social network yang baik dan benar. Zaman sekarang ini jika bukan dari diri kita sendiri yang tidak memahami hal itu maka akan sulit untuk kita bersosialisasi di jejaring sosial. Banyak manfaat dari social network, seperti kita banyak dapat informasi baru tentang apa yang kita sukai, ilmu pengetahuan juga mudah didapat disocial network. Dan sekarang tinggal tergantung kita untuk menyikapi dan memanfaatkannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s