Profile PT. Alcatel-Lucent Indonesia

A. Riwayat PT. Alcatel-Lucent Indonesia

Object dari penulisan skripsi ini adalah PT. Alcatel-Lucent Indonesia yang merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi terbesar di dunia. PT. Alcatel-Lucent Indonesia telah menjalin kerjasama dengan beberapa provider telekomunikasi lokal yang berada di Indonesia, diantaranya:

– Samsung-Mobile 8

Kerjasama dengan PT Samsung merupakan bentuk kerjasama Service Supply Agreement, dimana pihak PT. Alcatel-Lucent Indonesia menyediakan perangkat- perangkat Microwave (perangkat lunak & keras yang berguna untuk menyambungkan sinyal dari satu site ke site lain). Kerjasama ini sudah berlangsung sejak 7 September 2007.

– PT INTI Telekomunikasi

PT INTI Telekomunikasi merupakan anak perusahaan dari PT. Telkomsel, dalam kerjasama dengan PT INTI Indonesia, PT. Alcatel-Lucent Indonesia menyediakan perangkat Fiber Optic Backbone system. Kontrak ini berlangsung sejak 31 May 2007.

– PT Indonesia Comnet Plus (Icon+)

Kerjasama dengan Icon+ mempunyai beberapa tahap yaitu Tahap Jakarta Ring Bandung (Phase I), Sumatra Ring (Phase II & II ) dan Jakarta Ring Backbone. Kontrak ditandatangani sejak 28 July 2007, selanjutnya berlangsung sampai saat ini. Dalam kontrak ini PT. Alcatel-Lucent Indonesia menyediakan Supply-Erection, Test & commissioning Ring Network STM-64.

Selain beberapa provider telekomunikasi yang disebutkan diatas, masih ada beberapa provider-provider lokal yang menjalin hubungan kerja sama dengan PT. Alcatel-Lucent Indonesia seperti, Indosat, Telkomsel, XL, STI “Ceria”.

B. Sejarah Perusahaan

Visi Alcatel-Lucent untuk memperkaya kehidupan dengan melakukan transformasi cara dunia berkomunikasi. Alcatel-Lucent menyediakan solusi yang memungkinkan penyedia layanan, perusahaan dan pemerintah di seluruh dunia, untuk menyampaikan suara, data dan video layanan komunikasi ke pengguna akhir. Sebagai pemimpin tetap, bergerak dan pusat akses broadband, operator dan perusahaan teknologi IP, aplikasi, dan layanan, Alcatel-Lucent menawarkan end-to-end solusi yang memungkinkan layanan komunikasi menarik untuk orang-orang di rumah, di tempat kerja dan berpindah-pindah .

Dengan lebih dari 77.000 karyawan dan beroperasi di lebih dari 130 negara, Alcatel-Lucent adalah partner lokal dengan jangkauan global. Perusahaan ini adalah salah satu perusahaan riset terbesar, teknologi dan inovasi organisasi berfokus pada komunikasi – Alcatel-Lucent Bell Labs – dan yang paling berpengalaman dalam global layanan tim industri. Alcatel-Lucent mencapai pendapatan dari Euro 16,98 miliar pada 2008, dan tergabung di Perancis, dengan kantor pusat di Paris, Perancis.

Dengan fokus yang kuat pada solusi lengkap untuk memaksimalkan nilai pelanggan, Alcatel-Lucent mengatur sekitar empat kelompok usaha dan tiga wilayah geografis. Application Software Group berfokus pada pengembangan dan pemeliharaan perangkat lunak produk inovatif bagi para pelanggan global dasar. The Carrier Group Product melayani tetap, jaringan nirkabel, dan penyedia layanan konvergen dengan end-to-end solusi komunikasi. The Enterprise Product Group berfokus pada Kelompok Produk memenuhi kebutuhan pelanggan bisnis serta Industri & Sektor Publik. The Service Group Design, meyebarkan, mengelola dan memelihara jaringan di seluruh dunia. Daerah geografis perisahaan adalah Amerika, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika, dan Asia Pasifik dan Cina.

Alcatel-Lucent adalah salah satu pusat inovasi terbesar dalam industri komunikasi, mewakili sebuah R & D investasi sebesar 2,5 miliar Euro, dan portfolio lebih dari 26.000 hak cipta teknologi aktiv mencakup hampir di setiap daerah. Inti dari inovasi ini adalah Alcatel-Lucent’s Bell Labs, sebuah inovasi mesin dengan para ilmuwan dan peneliti di garis terdepan penelitian ke bagian- bagian seperti multimedia dan aplikasi dan layanan konvergen, baru layanan arsitektur dan platform, nirkabel dan Wireline, broadband akses, dan paket jaringan optik dan transportasi, keamanan jaringan, perusahaan jaringan dan komunikasi dan layanan dasar penelitian di bidang-bidang seperti nanotechnology, algorithmic, dan ilmu komputer.

Pembentukan Alcatel-Lucent menciptakan dunia pertama yang menyediakan solusi komunikasi global, solusi dan layanan di industri end-to-end portfolio yang paling lengkap. Alcatel-Lucent gabungan dua entitas – Alcatel dan Lucent Technologies – yang umum dipakai bersama-sama sebelumnya, kembali ke 1986. Tahun yang merupakan induk perusahaan dari Alcatel, CGE (la Compagnie Générale d’Electricité), ITT diperoleh dari bisnis telekomunikasi Eropa. Hampir 60 tahun sebelumnya, ITT telah dibeli kebanyakan AT & T manufaktur dari operasi di luar Amerika Serikat. Lucent Technologies adalah gabungan dari AT &T.

C. Visi Misi dan Nilai Perusahaan

Alcatel-Lucent Visi, Misi dan Nilai membentuk landasan perusahaan kami. Pernyataan ini mengatur ritme kerja untuk perusahaan dalam beroperasi.

Visi Perusahaan : Definisi mengenai masa depan yang sukses. Untuk memperkaya kehidupan orang dengan mentransformasi cara dunia berkomunikasi.

Misi Perusahaan : Tujuan dan jalan untuk mewujudkan Visi. Menggunakan kemampuan unik kami untuk memastikan bahwa para pelanggan kami berkembang pesat, bisnis kami tumbuh dan kami memperkaya pengalaman komunikasi pribadi untuk orang-orang di seluruh dunia.

Nilai Perusahaan : Sebuah sistem dari kepercayaan bersama yang berada di inti tujuan dari segala yang kita lakukan. Pelanggan Pertama: Kami ada untuk melayani para pelanggan kami. Kesuksesan kami akan ditentukan oleh seberapa baik yang kita lakukan untuk pelanggan kami.

Inovasi : Kita intuitif, teliti, berdaya cipta, praktis dan berani, yang memungkinkan kita untuk membuat ide-ide baru bagi para pelanggan kami, bisnis kami dan karyawan. Ide ini datang dari mana saja di seluruh operasi global kami

Teamwork : Sukses memerlukan kerja sama. Kita bersama-sama dan menghargai kontribusi dari setiap orang untuk suksesan tim.

Respect : Kami adalah perusahaan global dengan banyak budaya. Kami menghormati dan merangkul orang dan sudut pandang dari seluruh dunia. Akuntabilitas: Kami melakukan apa yang kita ucapkan akan kita lakukan. Kami memiliki tanggung jawab terhadap pelanggan, kolega, masyarakat dan pemegang saham.

D.  Struktur Organisasi Perusahaan

*) Struktur Organisai PT. Alcatel-Lucent Indonesia :

alcatel 1*) Struktur Divisi Operation PT. Alcatel-Lucent Indonesia :

alcatel 2

*) Struktur Organisasi IT/IS PT. Alcatel-Lucent Indonesia :

asd

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s