Model Sistem Terdistribusi

Pada tulisan saya kali ini saya akan membahas tentang Model Sistem Terdistribusi. Sebelum saya membahas lebih lanjut apa saja yang termasuk ke dalam model sistem terdistribusi, saya akan memberikan sedikit gambaran apa itu “Sistem Terdistribusi”.

Definisi dari Sistem Terdistribusi adalah sebuah sistem yang komponennya berada pada jaringan komputer. Komponen tersebut saling berkomunikasi dan melakukan koordinasi hanya dengan pengiriman pesan (message passing). Sistem terdistribusi merupakan kebalikan dari Sistem Operasi Prosesor Jamak. Pada sistem tersebut, setiap prosesor memiliki memori lokal tersendiri. Kumpulan prosesornya saling berinteraksi melalui saluran komunikasi seperti LAN dan WAN menggunakan protokol standar seperti TCP/IP. Karena saling berkomunikasi, kumpulan prosesor tersebut mampu saling berbagi beban kerja, data, serta sumber daya lainnya. Sistem terdistribusi dapat dikatakan sebagai suatu keberadaan beberapa komputer yang bersifat transparan dan secara normal, setiap sistem terdistribusi mengandalkan layanan yang disediakan oleh jaringan komputer.

Itulah sedikit gambaran mengenai sistem terdistribusi. Sekarang saya akan membahas apa saja model sistem terdistribusi.

Model itu sendiri menyediakan sebuah gambaran abstrak aspek yang relevan dengan sistem. sedangkan tujuannya dibuatkan model adalah untuk menyediakan sebuah kerangka kerja untuk memahami permasalahan dan pemecahannya.

1. Model Arsitektural : Hubungan dan interkoneksi seperti apa antara komponenkomponen dari sistem terdistribusi.
2. Model Fundamental : Karakteristik apa yang mempengaruhi dependability sistem terdistribusi? Dependability : correctness, reliability, security.

Dalam pelaksanaannya Sistem Terdistribusi memiliki berbagai bentuk (model), yaitu :

1. Sistem client – server
Merupakan bagian dari model sistem terdistribusi yang membagi jaringan berdasarkan pemberi dan penerima jasa layanan. Pada sebuah jaringan akan didapatkan: file server, time server, directory server, printer server, dan seterusnya.

Image

2. Sistem point to point
Merupakan bagian dari model sistem terdistribusi dimana sistem dapat sekaligus berfungsi sebagai client maupun server.

3. Sistem terkluster
Adalah gabungan dari beberapa sistem individual (komputer) yang dikumpulkan pada suatu lokasi, saling berbagi tempat penyimpanan data (storage), dan saling terhubung dalam jaringan lokal (Local Area Network). Sistem kluster memiliki persamaan dengan sistem paralel dalam hal menggabungkan beberapa CPU untuk meningkatkan kinerja komputasi. Jika salah satu mesin mengalami masalah dalam menjalankan tugas maka mesin lain dapat mengambil alih pelaksanaan tugas itu. Dengan demikian, sistem akan lebih handal dan fault tolerant dalam melakukan komputasi.Dalam hal jaringan, sistem kluster mirip dengan sistem terdistribusi (distributed system). Bedanya, jika jaringan pada sistem terdistribusi melingkupi komputer-komputer yang lokasinya tersebar maka jaringan pada sistem kluster menghubungkan banyak komputer yang dikumpulkan dalam satu tempat.

Demikianlah tulisan saya kali ini, semoga bisa bermanfaat. Have a nice day reader!😀

REFERENSI :

** Tulisan ini saya buat dalam rangka memenuhi tugas sistem terdistribusi. Saya, Nurul Aini (55410197), kelas 4IA10. Anggota kelompok lainnya : Fithri Nurhayati (52410819), http://tsuzumi-tsuzumii.blogspot.com/2014/03/pengenalan-sistem-terdistribusi.html . Fuad Ali (52410893) http://fuadshahab.wordpress.com/2014/03/11/contoh-sistem-terdistribusi/ . Lusi Tri Indah (54410097), http://lusitriindah.blogspot.com/2014/03/karakteristik-sistem-terdistribusi.html . Raisa Iga Ekklesia (55410597), http://raisaigaekklesia.blogspot.com/2014/03/permasalah-dan-tantangan-sistem.html .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s